BAPPEDA KAWAL PENGINPUTAN DALEV PERANGKAT DAERAH
Pangkalpinang, Bappeda 20/5/22. Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah (PPE) Bappeda & Litbang Kota Pangkalpinang yang dimoderatori oleh Sub Koordinator Pengendalian Evaluasi dan Pelaporan, Fibrianti, ST mengadakan rapat terkait dengan penginputan laporan pengendalian dan evaluasi (Dalev) perangkat daerah triwulan I dan II melalui aplikasi SEPEDAPGK. Kegiatan lanjutan ini diawali dengan paparan mengenai TUPOKSI oleh Kepala Bappeda & Litbang Kota Pangkalpinang, M. Belly Jawari, ST, M.Si. dalam hal pengendalian dan evaluasi pembangunan, serta manfaatnya dalam proses perencanaan pembangunan serta evaluasi kinerja perangkat daerah.
Kepala Bidang PPE, Aprizal S.Sos.,MPA. juga menyampaikan paparan terkait laporan realisasi capaian indikator kinerja perangkat daerah dari seluruh OPD di Kota Pangkalpinang. Untuk Bappeda, program koordinasi dan sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah dengan indikator kinerja program (outcome) dari target kinerja dan realisasi kinerja triwulan IV tahun 2021 mencapai nilai 100 dengan pagu program pada perubahan APBD Tahun 2021 sebesar Rp.556.070.489,-. Bidang Litbang, persentase hasil penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan mencapai nilai 100 dengan pagu program perubahan APBD Tahun 2021 sebesar Rp.1.157.401.800. Bidang PPMPI masih ada target program sektor yang belum mencapai target sehingga nilai yang dicapai belum maksimal. Aprizal juga menambahkan bahwa ada OPD- OPD lain belum mencapai target kinerja seperti yang diharapkan, seperti Sekretariat Daerah terdapat hambatan efisiensi dan penundaan pemeliharaan sebagian kecil sarana dan prasarana kantor sehubungan dengan refocusing anggaran, efek pandemi covid 19 sehingga pelatihan untuk pegawai dikurangi bahkan ditiadakan. Aprizal juga menjelaskan bahwa OPD- OPD lain yang target kinerja tidak mencapai nilai maksimal tahun 2021, permasalahan yang dihadapi sama yaitu refocusing anggaran akibat pandemi covid 19.
Aprizal berharap bahwa pelaporan ini berjalan sesuai standar operasional prosedur (SOP), Sub Koordinator dimasing- masing OPD melaksanakan amanah untuk mencapai kinerja atas DPA yang dipegang. Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan (PEP) tinggal menginput capaian yang sudah digunakan atas pemakaian DPA. (Dicha)